Tuesday, November 16, 2010

panduan penelitian skripsi

panduan penelitian skripsi

A. MASALAH PENELITIAN


Masalah biasa didefinisikan sebagai kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, atau kesenjangan antara teori dengan praktik, kesenjangan antara cita dengan realita, atau sesuatu yang memerlukan jawaban dan penjelasan. Tidak selamanya, masalah dapat menggambarkan kesenjangan, tapi terkadang juga merupakan sesuatu yang tidak bisa dijelaskan

Apakah masalah itu?           
Masalah
1. Variabel yg menjadi tema pokok penelitian
2. Kasus yg menjadi fokus penelitian
Suatu variabel atau kasus menjadi permasalahan penel. jika terjadi kesenjangan antara kenyataan dan yang seharusnya dari variabel dan kasus tsb.

Macam-Macam Masalah

  Masalah deskriptif biasanya digunakan untuk model-model penelitian variabel tunggal, atau beberapa variabel tapi tidak mengukur intercorelatioanlnya, dan peneliti bermaksud hanya mendeskripsikan masing-masing variabel tersebut, seperti, bagaimana sikap masyarakat terhadap kehadiran hypermarket di kota kabupaten ?, Apakah layanan staf front desk sudah memberikan kepuasan bagi pelangan ? dan yang sebangsanya.
  Model komparatif dikembangkan jika penelitian dilakukan untuk membandingkan satu atau lebih variabel dalam dua kelompok sampel. Seperti, Adakah perbedaan produktifitas pemasaran antara karyawan tetap dengan karyawan kontrak ? dan yang sebangsanya.
  Sedangkan model asosiatif dikembangkan untuk penelitian

yang bertendensi untuk menjelaskan pengaruh atau hubungan antara dua variabel atau lebih, seperti apakah motivasi berhubungan dengan prestasi kerja ?, apakah sistem penggajian mempengaruhi prestasi kerja karyawan ?, dan yang sebangsanya.

Kapan terjadi masalah?
  Bila ada informasi yg mengakibatkan munculnya kesenjangan dalam pengetahuan kita
  Bila ada hasil-hasil yang bertentangan

0 komentar:

Post a Comment

Komentarnya.....